Kamis, 09 Desember 2010

MENGENAL KALIGRAFI DEKORASI MASJID, MUSHOLLA DLL

Dekorasi Kaligrafi

Dekorasi kaligrafi merupakan proses kreatif seorang seniman kaligrafi dalam menciptakan  sebuah karya seni yang tidak hanya indah, tetapi juga sarat dengan pesan yang diambil dari ayat-ayat Al Qur’an maupun Hadits. Dalam seni arsitektur Islam, penempatan kaligrafi dekorasi biasanya sering dijumpai pada masjid-masjid, gedung-gedung, rumah, dsb.
Dekorasi atau hiasan merupakan salah satu unsur penentu indahnya suatu ruangan, bahkan dapat dikatakan pula dekorasi bukan hanya mengesankan suatu keindahan, tetapi juga menarik orang betah di dalamnya.
Apalagi kalau dekorasi itu adalah goresan kaligrafi yang menampilkan ayat-ayat suci Al Qur’an, maka sinar pada ruangan itu akan terpancar bukan hanya dari keelokannya saja, tetapi juga memiliki nilai plus berupa pesan-pesan yang bergema dari ayat-ayat suci itu.


AUFA ISLAMIC CALLIGRAPHY adalah sebuah usaha yang bergerak dibidang jasa penulisan kaligrafi untuk dekorasi dinding interior maupun eksterior masjid, mushalla, rumah, kantor, panggung MTQ. dan lain-lain. Dimana proses pengerjaan dilakukan secara manual (hand made) dengan bahan material utama menggunakan cat Acryllic Emulsion yang dilukis langsung pada bidang yang akan di dekorasi.
Dekorasi Kaligrafi Masjid

Kesejukan masjid sebagai tempat ibadah, akan bertambah anggun manakala sebuah masjid dihiasi dekorasi dari ayat-ayat Al Qur’an. Ayat-ayat suci tersebut kemudian ditulis dengan kaligrafi indah dan dipadankan dengan ragam warna dan ornamentasi khas warisan budaya umat muslim sejak dahulu.
Bagian penggarapan dekorasi kaligrafi masjid meliputi bagian interior/ eksterior seperti: dekorasi bagian mihrab, mizanine (balkon masjid), maupun dekorasi kubah masjid.


1.      Dekorasi bagian Mihrab ( ruang shalat imam)
Secara teknis acuan proses perencanaan desain hingga penggarapan, dilakukan dengan cara mengharmonikan ragam gaya seni kaligrafi Islam yang baku (Tsuluts, Naskhi, Diwani, Farisi, Kufi, atau Diwani Jali) dipadukan dengan ragam gaya ornamen geometris atau floral melalui perpaduan warna yang harmonis yang disesuaikan dengan keseluruhan perencanaan desain masjid yang bersangkutan. Dikerjakan secara manual (hand made) dengan bahan material utama menggunakan cat Acryllic Emulsion yang dilukis langsung pada bidang yang akan di dekorasi.  Harga dihitung per meter persegi, (tergantung kepada tingkat kerumitan desain/ ornamen, dan kuantitas permintaaan).

2.      Dekorasi Mezanine ( balkon masjid), selasar memanjang di atas jendela
Bidang dekorasi yang digarap yaitu bagian mezanine (balkon masjid), atau bagian selasar memanjang di atas jendela, dikerjakan secara manual (hand made) dengan bahan material utama menggunakan cat Acryllic Emulsion yang dilukis langsung pada bidang yang akan di dekorasi. Proses penggarapan desain dilakukan dengan cara mengkomposisikan ragam gaya seni kaligrafi Islam yang baku (Tsuluts, Naskhi, Diwani, Farisi, Kufi, atau Diwani Jali) dipadukan dengan ragam gaya ornamen Islami melalui perpaduan warna yang harmonis. Harga  sangat flexible, (tergantung kepada tingkat kerumitan desain/ ornamen yang dipinta), dihitung per meter lari (dengan lebar tidak lebih dari 60 cm).


3.      Dekorasi bagian kubah masjid
Bidang dekorasi yang digarap yaitu bagian kubah masjid, dikerjakan secara manual (hand made) dengan bahan material utama menggunakan cat Acryllic Emulsion yang dilukis langsung pada bidang yang akan di dekorasi. Proses penggarapan desain dilakukan dengan cara mengkomposisikan ragam gaya seni kaligrafi Islam yang baku (Tsuluts, Naskhi, Diwani, Farisi, Kufi, atau Diwani Jali) dipadukan dengan ragam gaya ornamen geometris atau floral melalui perpaduan warna yang harmonis. Harga dihitung per meter persegi, (tergantung kepada tingkat kerumitan desain/ ornamen yang dipinta).

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Sangat Bagus, Kami Panitia Pembangunan Masjid Baitur Rochim Mencari Inspirasi Desain Untuk Masjid di daerah kami. salam Silatur Rahmi

    BalasHapus
  3. salam hormat,,, sangat menakjubkan... karya yang sangat inspiratif... ditunggu yang lainnya yaa heee,,, trimakasih

    BalasHapus